Masyarakat Bisa Awasi Dana Desa

GRESIK – Besarnya anggaran alokasi dana desa (DD) membuat kejaksaan negeri Gresik mengadakan pengawasan penggunaan anggaran dengan membentuk tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Tim TP4D mengadakan sosialisasi kepada para kepala desa dan perangkat desa karena temukan kades yang sengaja menyelewengkan dana desa dengan merekayasa laporan pertanggungjawaban kegiatan proyek pembangunan.

Seperti yang menimpa kades di Pulau Bawean, terpaksa dilakukan penahanan akibat diduga korupsi dengan cara merekayasa LPJ proyek pembangunan jalan desa.

“Dengan sosialisasi ini, jika masih ada Kades maupun perangkat desa yang nekat menggunakan dana desa bisa dijerat dengan hukuman, sebab pengarahan sudah dilakukan,” kata Ketua tim TP4D Kejari Gresik Luthcas Rohman sekaligus Kasi Intel, usai sosialisasi di ruang Mandala Bhakti Praja, kantor Bupati Gresik, Kamis (24/8/2017).

Tim TP4D menginginkan agar para kades beserta perangkatnya menggunakan dana desa tepat sasaran dan tidak terjadi penyimpangan.

“Harapan kita itu, sehingga pembangunan di desa benar-benar terlaksana dengan baik dan kualitas baik,” imbuhnya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gresik Pandoe Pramoekartika mengatakan bahwa lembaga kejaksaan bagian dari pemerintahan yang ditugaskan untuk mengawal dana desa.

Sehingga para Kades tidak perlu takut untuk konsultasi terkait peraturan hukum yang berkaitan dengan penggunaan dana desa.

“Kejaksaan melalui TP4D siap mengawal dan mengamankan program pembangunan di daerah, termasuk mengawal penggunaan dana desa,” kata Pandoe Pramoekartika.

Masdukan Kepala Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pemerintahan inspektorat Pemkab Gresik mengatakan bahwa dalam pengawasan dana desa, masyarakat umum pun dapat melakukan pengawasan.

Namun, biasanya masyarakat yang tidak tahu tidak memanfaatkan fungsi pengawasan dana desa.

“Masyarakat mempunyai hak melakukan pengawasan terhadap pembangunan desa. Camat juga boleh melakukan pengawasan dan pembinaan pembangunan desa,” kata Masdukan. ( SURYA.co.id )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *